Home » » Minum Air Putih Bisa Meringankan Sakit Kepala

Minum Air Putih Bisa Meringankan Sakit Kepala

 
Sebuah studi dari University of Maastricht, Belanda, menyatakan mengkonsumsi air putih secara teratur dapat menurunkan tingkat keparahan sakit kepala dan migren, sekaligus mengurangi kebutuhan obat sakit kepala.

Menurut tim peneliti, minum sekitar tujuh gelas air putih setiap hari mampu meringankan rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup pasien yang secara berkala menderita sakit kepala.

Dalam studinya, seperti dilansir Dailymail, Jumat pekan lalu, penelitian yang dikepalai Mark Spigt ini melibatkan lebih dari 100 pasien yang secara berkala menderita sakit kepala mulai dari parah hingga ringan. Tim peneliti kemudian menginstruksikan mereka cara untuk meringankan ketidaknyamanan tersebut, termasuk mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan menghindari kafein.

Di antara mereka, setengah dari total pasien juga diminta minum 1,5 liter air putih setiap hari selama tiga bulan, di atas asupan cairan normal mereka. Di akhir studi, pasien mengisi kuesioner yang disebut indeks Migraine-Specific Quality of Life untuk menceritakan apa yang mereka rasakan. Hasilnya, sebagaimana dipublikasikan pada jurnal Family Practice, mereka yang minum air putih ekstra mendapatkan nilai yang lebih tinggi pada kuesioner.

0 komentar:

Post a Comment